Kamis, 03 Januari 2013

Materi 4 :Total Quality Manajemen ( TQM )

PERANAN MANAJEMEN DALAM IMPLEMENTASI TQM

Total Quality Management (TQM) merupakan suatu konsep manajemen modern yang berusaha untuk merespons secara tepat terhadap setiap perubahan yang ada, baik yang didorong oleh kekuatan eksternal maupun internal. TQM lebih berfokus pada tujuan perusahaan untuk melayani kebutuhan pelanggan dengan memasok barang dan jasa yang memiliki kualitas setinggi mungkin.
Manajer puncak dapat menggunakan salah satu strategi berikut (Kreitner dan Kinicki, 1994:737). 
  1. Pendidikan dan Komunikasi.
  2. Partisipasi dan Keterlibatan
  3. Fasilitas dan Dukungan
  4. Negosiasi dan Kesepakatan
  5. Manipulasi dan Cooptation
  6. Paksana Secara Eksplisit dan Implisit.

Kepemimpinan organisasi yang umumnya digunakan dapat dibedakan dalam empat model gaya kepemimpinan yaitu:

1.Model Autocracy
     Pada model ini seorang pemimpin merupakan pusat bisnis, tidak ada yang terjadi tanpa persetujuannya. tidak cocok dengan budaya TQM.

2.Model Feudal
 Pada model ini seorang pemimpin yang berada dipuncak jauh dari bawahannya dan keduanya tidak pernah saling bicara, struktur sangat kaku, sehinggga karyawan menginginkan kebebasan. Model feudal menyebabkan kelesuan dan kesebalan sehingga tidak cocok dengan budaya TQM.
3.Model Egalitarian
 Pada model ini seorang pemimpin memberikan kebebasan kepada karyawan untuk bekerja. Karena gaya  kepemimpinan ini luwes, ia dapat tumbuh dan tanggap terhadap pelanggan dan sangat cocok dengan budaya TQM.

4.Model Anarchic
Pada model ini seorang pemimpin memberikan kebebasan kepada departemen unutk membuat aturannya sendiri-sendiri. Setiap individu terisolasi dari yang lain, tidak cocok dengan budaya TQM.

PERANAN KARYAWAN DALAM IMPLEMENTASI TQM
Pelatihan karyawan tentang TQM pada tahap awal dapat diserahkan kepada lembaga konsultan manajemen dengan topic sesuai kebutuhan misalnya topic yang berkaitan dengan :
1.Startegi perusahaan
   a.  Tujuan bisnis
   b.analisis pasar
   c.jenis pelanggan dana apa yang diinginkan pelanggan

2.Kualitas
   a.peran dan arti kualitas
   b.bagaimana akibat kegagalan kualitas
   c.penyebab umumnya kegagalan kualitas

3.pemecahan masalah 
    a.teknik pemecahan masalah
    b.bagaimana berpikir kritis dan logis
4.Keahlian teknikal

5.keahlian manajemen interpersonal dan personal
    a.Kepemimpinan
    b.managemen waktu
    c.Kerja kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar